Bonita Tour & Travel Solusi Pelayanan Hemat AndaJl. KH. Wahid Hasyim Kebon Kacang VII No. 2 +1 800 789 50 12

PERSIAPAN DAN PERSYARATAN UMRAH

Sahabat Muslim yang di muliakan oleh Allah SWT kita semua tau bahwa umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Nah apa saja yang harus kita siapakan untuk melakukan ibadah Umrah agar ibadah umrah kita dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah.

1. Persiapan Umrah

1. Niat

Segala sesuatu harus kita awali dengan niat. Semua akan berjalan dan terwujud kalau kita sudah meniatkannnya. Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan hanya kepada Allah.

Dari Umar Radhiallahu‘anhu, beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semua amal itu tergantung niatnya dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan RasulNya. Barangsiapa yang hijrahnya itu karena dunia yang ingin ia dapatkan  atau karena seorang wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Hadits ini menunjukkan bahwa semua amalan apakah itu amalan baik maupun buruk, maka pasti diiringi dengan niat. Begitu juga dengan berumrah, kita harus mengawalinya dengan niat terlebih dahulu. Jika hati kita sudah ada niat untuk pergi umrah, Insyallah Allah akan memudahkan semuanya.

2. Persiapan Ruhani

Selain niat kita juga harus mempersiapkan persiapan mental atau Ruhani kita, Seperti :

  • Bertaubat atas semua kesalahan yang pernah dikerjakan. Kita tentu saja sulit mengingat-ingat hal yang sudah dilakukan di masalalu apakah menyakiti orang atau tidak, oleh karena itu lebih baik bila sebelum berangkat umroh kita meminta maaf terutama kepada ayah, ibu, keluarga, teman dan tetangga dekat.
  • Belajar mengetahui hukum-hukum agama seputar ibadah umroh misalnya hal yang dilarang selama umroh termasuk juga hal yang berkaitan dengan itu misalnya sholat dalam perjalanan cara tayamum, waktu-waktu sholat, cara mengerjakan sholat sunah dan adab pergaulan sesama muslim.
  • Melunasi hutang, mengembalikan barang titipan termasuk juga mencari sumber dana yang halal yang akan digunakan untuk biaya umroh. Termasuk juga biaya untuk keluarga yang kita tinggalkan yang menjadi tanggungan kita.
  • Menjaga amalan baik yang wajib dan sunah, supaya nanti kita juga terbiasa menjaga amalan selama di tanah suci karena salah satu indikasi umroh yang mabrur adalah tidak tertinggal dalam hal yang wajib maupun yang sunah.

3. Persiapan Fisik

Agar pelaksanaan ibadah berjalan lancar persiapan selanjutnya adalah mempersiapkan kondisi kesehatan Anda. Melakukan general chek up pada dokter kepercayaan Anda dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Anda juga bisa melakukan hal seperti berikut :

  • Lari-lari kecil, jalan kaki atau melakukan aktifitas olahraga lainnya setiap pagi untuk melatih kebugaran badan.
  • Membiasakan minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan multivitamin untuk menjaga tetap bugar dan sehat selama melakukan aktifitas yang membutuhkan energi yang banyak.
  • Terutama bagi kalangan muda usia 50 tahun ke bawah yang tentu mempunyai fisik yang lebih baik daripada yang usia lanjut , ada baiknya juga untuk membantu teman-teman yang telah lanjut usia dalam beribadah umroh. Banyak diantara jamaah yang selain sudah lanjut usia juga memiliki keterbatasan pengetahuan misalnya tidak bisa menggunakan lift dll. Semoga dengan membantu mereka akan membantu kesempurnaan ibadah umroh kita.
  • Bila perlu bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan arahan kesehatan yang lebih sesuai untuk kondisi kita, termasuk obat-obatan yang perlu dibawa ke tanah suci. (Sumber Tattacaraumrah).

2. Persyaratan Umrah

  1. Passport Minimal berlaku s/d 7 bulan dan nama tertulis minimal 3 suku kata. Contoh : Jefri Van Novis.
  2. Kartu keluarga (asli) bagi yang berangkat suami istri.
  3. Akte lahir asli (bagi yang berangkat dengan orangtua).
  4. KTP (bagi wanita yang berangkat sendirian dan berusia diatas 45 tahun).
  5. Pas foto ukuran 3X4 (2 lembar), 4X6 (6 Lembar).
  6. Uang muka Rp.5.000.000

Ketentuan  Umrah

  1. Wanita yang berusia dibawah 40 tahun berangkat bersama mahram asli (suami, anak, adik atau kakak laki-laki).
  2. Seluruh persyaratan sudah diterima paling lambat 1 bulan sebelum keberangkatan .
  3. Jadwal dan harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi di Tanah Air maupun Arab Saudi tanpa mengurangi nilai ibadah.
  4. Setiap pembatalan akan dikenakan biaya sesuai ketentuan berlaku.

Pembatalan

  1. Pembatalan yang dilakukan 3 minggu sebelum keberangkatan akan dikenakan biaya pembatalan 25% dari harga paket.
  2. Pembatalan yang dilakukan 1 minggu sebelum keberangkatan akan dikenakan biaya pembatalan 50% dari harga paket.
  3. Pembatalan yang dilakukan 1 hari sebelum keberangkatan akan dikenakan biaya pembatalan 75% dari harga paket.

Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukann langsung di kantor pusat atau melalui transfer ke rekening :

Bank Mandiri 111 000 4156 259

Bank BCA 533 503 7836

Atas nama Jefri Van Novis

Semoga dengan tips persiapan umroh di atas, akan membantu kita memaksimalkan ibadah di tanah suci dengan lebih baik.

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Related Posts